Minggu, 20 November 2011

Indonesia VS Malaysia (ajang gengsi yang tak berujung)

Perseteruan kedua negara ini telah berlangsung sejak tahuh 1960-an. Malaysia selaku negara persemakmuran Inggris, memiliki power yang cukup besar pada awal pembentukannya, coba aja kalian pikir, awalnya mereka itu ingin menyatukan Brunei Darusalam, Kalimantan, Sabah, dan Serawak menjadi Negara Kesatuan Malaysia. Namun rancangan itu ditolak berbagai pihak, termasuk Indonesia, yang kala itu dipimpin Presiden Soekarno.

Presiden Soekarno kala itu menyatakan bahwa konsolidasi Inggris untuk Malaysia hanya akan menambah kontrol Inggris di kawasan itu, sehingga dapat mengancam kemerdekaan Indonesia. Jadi, sebenarnya Malaysia itu Cuma dijadikan boneka oleh Inggris. Dan aku ga abis pikir, kalau seandainya waktu itu Kalimantan jadi bagian dari Negara Malaysia, pasti Negara kita bakal kelimpungan (nah lho bahasa apa tuh kelimpungan)...hehe. soalnya pulau Kalimantan tuh merupakan pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di Indonesia bagian utara. Dan pulau Kalimantan merupakan pusat hasil tambang dan lumbung energi terbesar di Indonesia. Selain itu di Kalimantan juga banyak hutan yang masih alami, dan merupakan habitat orang utan, gajah borneo, badak borneo, landak, rusa, tapir dan beberapa spesies lainnya yang terancam punah. Coba kalian bayangkan kalau pulau ini diambil sepenuhnya oleh Malaysia, pasti Malaysia makmur, Indonesia terpuruk. Iyaaa kaann??

Hmm, tapi sebenarnya dalam tulisan kali ini aku ga ingin membicarakan masalah persteruan itu lho. Yang ingin aku bicarakan adalah pertandingan final SEA Games besok nii. Pasti kan rame tuh, dan aku yakin masing-masing negara pasti menjaga gengsi..  Indonesia yang kemarin kalah pada babak penyisihan oleh Malaysia 1-0, beralibi karena pemain inti pada saat itu tidak diturunkan, sehingga kinerja tim tidak maksimal, sedangkan Malaysia semakin yakin akan menjadi juara pada SEA Games kali ini.  

Menurutku pertandingan kali ini pasti menarik banget, soalnya 5 pemain inti Indonesia yang kemarin diistirahatkan, pada pertandingan kali ini akan diturunkan, dan Malaysia pun pasti akan tampil dengan penuh percaya diri sebab pada pertandingan putaran pertama mereka telah merebut 1 angka dari Indonesia.

Namun, apapun prediksinya,, yang paling terpenting adalah sportifitas kawan..., dan tidak hanya para pemain yang harus sportif, tapi kita sebagai penikmat dan pecinta sepak bola Indonesia pun  juga harus menjunjung tinggi nilai sportifitas. Karena suatu  bangsa dapat maju dan berkembang akibat sikap dan perilaku masyarakatnya, baik yang hidup sebagai objek maupun subjek...

So, kita sebagai warga Indonesia yang baik harus sportif yaa, apapun hasil pertandingan nanti itulah yang terbaik, tapi kita juga harus berdoa semoga laskar garuda Merah Putih dapat memenangkan pertandingan esok hari. amiin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar