Minggu, 08 Januari 2012

Training Leadership yang Spektakuler ...

Hai sobat semua... how are you? I hope you’re ok today.. haha sok inggris banget gue. :D
Udah sebulan aku ga posting tulisan sama sekali, rasanya kaya udah satu abad deh, ini beneran lho, sebenarnya ga enak banget kalau ga buat tulisan, tapi karena kesibukan dan tanggung jawab yang lain, yaaa... apa boleh buat, terpaksa deh aku ga nulis selama itu. Oh iya..Kalau di antara kalian ada yang kangen sama aku, mohon maaf yaa, bukan maksudku untuk menyakiti hati kalian.. hehe (penyakit kepedean kumat).

Aku mau cerita sedikit ni kawan tentang pengalamanku di Pimpinan Cabang IPM Pamulang belum lama ini. Semoga cerita ini dapat bermanfaat buat semua yang membaca.

Pasca Musycab PC IPM Pamulang yang melengserkan Dana selaku Ketua Umum periode 2010/2011 dan terpilihnya Andhini Citra Pertiwi sebagai new leader PC IPM Pamulang periode 2011/2012, aku ditunjuk sebagai Sekretaris Umum di ikatan ini. Jabatan baru dan semangat baru, hal itulah yang terpikir di benakku ketika teman-teman mengamanahkan jabatan ini kepadaku. Sebenarnya aku memang ingin menjadi Sekretaris Umum, karena buat aku ini adalah hal baru yang harus aku coba. Selama aku di IPM, aku sudah merasakan menjadi Ketua Umum, Ketua Bidang, Sekretaris Bidang, bahkan anggota bidang, dan hanya Sekretaris Umum yang belum aku rasakan. Nah, hal inilah yang memicu hasratku untuk menjadi Sekretaris Umum.

Menurut mayoritas teman-teman pimpinan, jadi Sekretaris Umum tuh rempong, ribet, tanggung jawabnya besar, bahkan ada juga yang bilang Sekretaris Umum adalah orang yang selalu menjadi kambing hitam ketika pembacaan LPJ. Jujur semua pendapat yang dikemukakan mereka sempat membuatku berpikir mengubur semua hasratku untuk menjadi Sekretaris Umum, namun semua pemikiran itu sirna dengan sendirinya karena keyakinanku yang kuat, bahwa aku pasti bisa mengemban amanah ini dengan baik.

Pelantikan pun tiba, pintu amanah telah siap menyambut kami untuk segera dituntaskan dan perjalanan panjang pun harus kami tempuh dengan segala konsekuensinya. Periode ini berbeda dengan periode-periode sebelumnya, kami diamanahkan untuk menjadi pimpinan selama 2 tahun, sedangkan periode-periode sebelumnya hanya 1 tahun.

Setelah pelantikan yang dilaksanakan pada 17 Desember 2011, kami segera menyusun persiapan Raker dan Pelatihan Training Leadership. Akhirnya Raker dan Training Leadership terlaksana pada 7-8 Januari 2012.

Kegiatan ini berlangsung di Perguruan Muhammadiyah Parakan. Konsep yang diterapkan oleh bidang Perkaderan dalam kegiatan ini adalah konsep berkemah, jadi ga heran deh kalau yang dipilih adalah Perguruan Muhammadiyah Parakan yang masih melestarikan penghijauan di setiap lini sekolah.

Jauh sebelum kegiatan ini dilaksanakan aku sudah membayangkan, pasti kegiatan ini seru banget, karena kegiatan ini difokuskan kepada ta’aruf sesama PC IPM Pamulang dan Kepemimpinannya. Ternyata apa yang aku bayangkan itu terbukti banget kawan, aku merasa senang mengikuti kegiatan ini, kami pun semakin akrab, dan mengenal satu dengan yang lainnya. Belum lagi pemateri-pemateri yang menyajikan pembahasan menarik dalam penyampaiannya.

Namun di balik suka dan kesenangan yang kami rasakan bersama, juga tersimpan kesedihan yang cukup mendalam, karena banyak personil yang tidak ikut kegiatan menarik ini dengan berbagai alasan. Aku yakin banget, kalau seandainya semua personil pimpinan dapat mengikuti kegiatan ini, pasti tambah seru dan asyik.

Hal yang paling berkesan menurutku dalam kegiatan ini adalah ketika kami bersenang-senang dengan api unggun, dan setelah itu kami sharing tentang apa yang membuat kami jatuh cinta dengan IPM. Sebagian  besar dari kami menganggap IPM adalah organisasi yang telah membuat seseorang berubah menjadi lebih baik, kemudian ada juga yang menganggap teman-teman di IPM berjuang dengan penuh keikhlasan, sehingga membuat rasa cinta itu tumbuh dengan alami.

Kalau aku beranggapan bahwa aku tidak menemukan hal yang dapat membuatku nyaman kecuali di IPM, dan yang membuatku nyaman adalah seluruh teman-teman di IPM. Mereka sudah aku anggap saudaraku sendiri dan bagian hidupku yang terbesar, dan jujur tidak ada satu pun komunitas yang membuatku nyaman selain IPM, meskipun teman-teman sekelasku. Padahal mereka bertemu denganku setiap hari.

Tangis pun mewarnai sharing itu, dan pelajaran berharga telah merasuk ke dalam jiwa dan pikiran kami. Setelah sharing itu mataku mulai terbuka, ternyata tidak hanya aku yang memiliki rasa cinta dengan IPM, namun teman-teman yang lain pun memiliki rasa yang sama denganku, walaupun latar belakang dari rasa cinta itu tidak semuanya sama.

Dalam kegiatan ini sangat terasa kebersamaan di antara kami. Kami memasak makanan bersama, dan memakannya pun secara bersama di dalam satu wadah. Bernyanyi bersama pun telah membuat hati kami semakin menyatu dan merasakan kedekatan yang memuncak.

Harapanku kedekatan ini semoga menjadi langkah awal dari sebuah pergerakan yang akan kami jalankan 2 tahun ke depan. Kemudian aku harap kami dapat membuktikan eksistensi PC IPM Pamulang di tengah pelajar yang berada di lingkungan Kecamatan Pamulang. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar